Jenis-Jenis Energi Terbarukan Yang Perlu Diketahui

Energi terbarukan merupakan solusi untuk mengatasi masalah energi yang berkelanjutan. Energi terbarukan adalah energi yang dihasilkan dari sumber-sumber yang tidak akan habis atau sangat jarang habis, seperti matahari, angin, air, geotermal, dan biomassa

Dalam artikel ini, kami akan membahas jenis-jenis energi terbarukan yang tersedia dan digunakan secara luas, termasuk energi surya, energi angin, energi air, energi geotermal, dan energi biomassa. Kami juga akan menjelaskan prinsip kerja masing-masing jenis energi, serta manfaat yang didapat di masa depan. Berikut adalah jenis jenis energi terbarukan: 


1. Energi Matahari


Tenaga surya adalah salah satu bentuk energi yang berasal dari matahari. Ini adalah sumber terbarukan yang paling umum dan banyak digunakan. Tenaga surya telah digunakan selama berabad-abad, dan menjadi lebih populer karena orang menjadi lebih sadar akan manfaatnya.

Prinsip Kerja Tenaga Surya

Tenaga surya, juga disebut listrik fotovoltaik (PV), adalah sumber energi terbarukan yang mengubah sinar matahari menjadi listrik menggunakan semikonduktor yang menangkap cahaya dan mengubahnya menjadi arus searah (DC). DC berjalan melalui inverter yang mengubahnya menjadi arus bolak-balik (AC), yang dapat digunakan di rumah atau bisnis Anda.

Manfaat Tenaga Surya

  • Panel surya tidak menghasilkan emisi dan polusi.
  • Tenaga surya adalah perawatan yang rendah.
  • Panel surya dapat mengurangi tagihan listrik Anda.
  • Panel surya dapat meningkatkan nilai properti Anda. Jika Anda memutuskan untuk menjual properti Anda, panel surya dapat meningkatkan nilai jualnya kembali.
  • Tenaga surya dapat diandalkan. Anda dapat menggunakannya 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang pemadaman listrik yang tidak terduga.

2. Tenaga Angin


Tenaga angin merupakan energi terbarukan yang menggunakan turbin angin dalam mengubah energi kinetik menjadi tenaga listrik. Permukaan bumi memiliki aliran angin terus menerus yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan turbin. Proses ini disebut “operasi turbin angin”.

Prinsip Kerja Energi Angin

Matahari memanaskan Bumi secara tidak merata, menyebabkan udara dingin tenggelam dan udara hangat naik. Perbedaan tekanan udara inilah yang menyebabkan angin bertiup. Turbin angin berfungsi dengan memanfaatkan angin dan mengubahnya menjadi listrik.

Turbin angin terdiri dari tiga bagian utama; generator, sudu, dan menara. Pisau dirancang untuk menangkap angin. Kemudian, mengubah energi angin menjadi listrik menggunakan generator. Menara kemudian menopang berat generator dan baling-baling.

Angin yang bertiup kemudian memutar sudu-sudu turbin. Gerakan ini membuat poros berputar di dalam generator. Generator bertugas mengubah energi mekanik menjadi listrik. Listrik yang sama yang menggerakkan rumah, properti, dan bahkan kota.

Manfaat Energi Angin

  • Energi angin adalah sumber daya terbarukan. Itu tidak menghasilkan emisi berbahaya.
  • Energi angin efisien dan dapat menangkap sejumlah besar energi, menjadikannya sumber yang dapat diandalkan untuk menghasilkan listrik.
  • Energi angin serba guna dan dapat memberi daya pada rumah dan bisnis. Itu juga dapat menghasilkan berbagai bentuk energi, termasuk hidrogen.
  • Tenaga angin menjadi semakin terjangkau dalam hal biaya. Biaya menghasilkan energi angin telah menurun dalam beberapa tahun terakhir.
  • Pembangkit listrik tenaga angin menciptakan lebih banyak pekerjaan. Pemeliharaan dan pembangunan turbin angin membuka banyak lapangan pekerjaan, memberikan dampak positif bagi perekonomian.

3. Energi Hidro


Energi hidro adalah energi terbarukan lain yang memanfaatkan air untuk menghasilkan tenaga. Ini adalah salah satu sumber energi terbersih dan paling efisien yang tersedia. Energi hidro telah digunakan selama bertahun-tahun untuk berbagai jenis mesin dan pembangkit listrik.

Prinsip Kerja Energi Hidro

Ada berbagai cara untuk energi hidro untuk menghasilkan listrik. Cara yang paling umum adalah tenaga air. Tenaga air beroperasi dengan menggunakan kekuatan air yang mengalir untuk memutar turbin. Turbin terhubung ke generator yang bertanggung jawab untuk produksi listrik.

Listrik yang dihasilkan bergantung pada ketinggian air, ukuran turbin, serta kecepatan aliran air. Pembangkit listrik tenaga air harus berlokasi dekat dengan sumber air yang bergerak, seperti air terjun atau sungai.

Manfaat Energi Hidro

  • Energi hidro adalah pilihan yang ramah lingkungan untuk menghasilkan listrik.
  • Energi hidro adalah cara yang efisien untuk menghasilkan listrik. Pembangkit listrik tenaga air memiliki kapasitas tinggi yang dapat menghantarkan listrik dalam jumlah besar sesuai dengan ukurannya.
  • Energi hidro dapat menghasilkan listrik dalam pengaturan skala kecil dan besar.
  • Pembangkit listrik tenaga air adalah pilihan yang andal karena dapat beroperasi untuk jangka waktu yang lama tanpa gangguan.
  • Energi hidro adalah pilihan yang terjangkau, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi perusahaan dan pemilik rumah. Investasi awal bisa sangat mahal, tetapi biaya operasionalnya relatif dapat dikelola.

4. Energi Pasang Surut


Energi pasang surut adalah bentuk tenaga air yang mengubah potensi air menjadi listrik. Telah digunakan selama berabad-abad untuk menggiling biji-bijian dan memompa air dari dataran rendah ke ladang. Hari ini, itu sedang dimanfaatkan sebagai sumber alternatif energi terbarukan.

Prinsip kerja energi pasang surut?

Energi pasang surut dihasilkan dengan memanfaatkan kekuatan pasang surut air laut. Tarikan gravitasi matahari dan bulan menyebabkan pasang surut dan air mengalir keluar masuk daerah pesisir. Energi pasang surut dan energi arus pasang surut adalah dua jenis utama energi pasang surut.

Proses energi arus pasang surut termasuk menempatkan turbin di daerah dengan arus pasang surut yang kuat. Air yang bergerak menggerakkan turbin, yang kemudian menghasilkan listrik. Energi pasang surut, di sisi lain, adalah proses membendung bagian garis pantai, melepaskan air melalui turbin.

Manfaat energi pasang surut

  • Energi pasang surut sangat kuat dan dapat menghasilkan banyak listrik. Ini menjadikannya pilihan terbarukan yang sangat baik untuk pembangkit listrik skala besar.
  • Turbin pasang surut dapat menangkap hingga 80% energi saat pasang, menjadikannya sumber daya yang efisien.
  • Pembangkit listrik pasang surut dapat ditingkatkan atau diturunkan untuk memenuhi kebutuhan energi.
  • Pembangkit listrik pasang surut aman karena dibangun di lepas pantai, jauh dari pemukiman penduduk.
  • Pembangkit listrik pasang surut membuka lapangan pekerjaan selama fase konstruksi, serta kebutuhan pemeliharaan dan selama operasi.

5. Energi Panas Bumi


Energi panas bumi disimpan dan dihasilkan dari permukaan bumi kita. Energi ini digunakan untuk berbagai tujuan; dan ini termasuk memanaskan rumah kita, menghasilkan listrik, serta mendinginkan bangunan.

Prinsip Kerja Energi Panas Bumi

Panas yang digunakan dalam menghasilkan energi panas bumi berasal dari batuan panas bumi, dan retakan berisi cairan yang disebut reservoir . Ketika uap atau air disuplai di reservoir ini, batuan panas kemudian memanaskannya dan mengembalikannya ke permukaan sebagai air panas atau uap bertekanan tinggi. Uap atau air panas digunakan untuk menggerakkan turbin, yang menghasilkan listrik.

Ada dua jenis energi panas bumi yaitu uap kering dan uap basah. Uap kering dibuat dengan mengebor ke permukaan bumi, terkumpul di reservoir alami yang disebut fumarol. Uap basah tercipta ketika air merembes ke bawah melalui celah-celah di permukaan bumi dan memanas sebelum naik kembali sebagai air mendidih.

Manfaat energi panas bumi

  • Energi panas bumi tidak menghasilkan produk limbah atau emisi berbahaya.
  • Energi panas bumi digunakan untuk mendinginkan atau memanaskan properti, memberikan ruang yang nyaman sekaligus menghemat uang untuk tagihan listrik.
  • Energi panas bumi, tidak seperti bentuk energi hijau lainnya seperti angin dan matahari, tidak bergantung pada cuaca. Ini berarti Anda dapat sepenuhnya mengandalkan sumber daya panas bumi, terlepas dari apakah angin tidak bertiup atau matahari tidak muncul.
  • Energi panas bumi terjangkau. Investasi untuk instalasi panas bumi mungkin tinggi tetapi dapat diimbangi dengan Anda dapat menghemat tagihan energi Anda.

6. Energi Biomassa


Pembakaran biomassa adalah proses karbon-netral, artinya tidak melepaskan karbon dioksida ke atmosfer. Energi biomassa dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dengan meminimalkan ketergantungan kita pada bahan bakar fosil.

Prinsip Kerja Energi Biomassa

Biomassa adalah bentuk energi terbarukan dan berkelanjutan yang berasal dari bahan organik. Berbagai jenis biomassa adalah kayu, limbah pertanian, kotoran hewan, dan limbah padat kota. Biomassa dapat digunakan untuk pembangkit panas atau listrik di pembangkit listrik. 

Bahan organik yang terbakar melepaskan energi dalam bentuk panas. Panas yang dihasilkan digunakan untuk menyalakan proses industri dan menghasilkan listrik. Energi biomassa juga dapat digunakan untuk menghasilkan bahan bakar transportasi, seperti biodiesel dan etanol.

Manfaat Energi Bomassa

  • Energi biomassa menciptakan lapangan kerja. Produksi energi biomassa membuka lapangan kerja di industri kehutanan dan pertanian, sehingga mendukung masyarakat lokal.
  • Energi biomassa mengurangi gas rumah kaca, serta meningkatkan kualitas tanah.
  • Energi biomassa mengurangi kabut asap dan polusi udara. Ini juga merupakan cara terbaik untuk meminimalkan jejak karbon Anda.
  • Energi biomassa juga merupakan pilihan yang jauh lebih murah dibandingkan dengan tenaga surya dan angin.

7. Energi Hidrogen


Hidrogen adalah unsur paling sederhana dan paling melimpah di alam semesta. Ini juga merupakan sumber bersih dan terbarukan yang dapat memberi daya pada dunia kita tanpa mencemarinya. Ada tiga jenis energi hidrogen yang berbeda.

  • Elektrolisis:  Proses ini menggunakan listrik untuk memecah air menjadi bagian-bagiannya – gas hidrogen dan oksigen.
  • Termokimia:  melibatkan penggunaan panas dari gas alam atau batu bara untuk menghasilkan hidrogen melalui reaksi kimia dengan uap.
  • Biologis: mengubah bahan organik seperti batang jagung atau ganggang menjadi hidrogen menggunakan bakteri di lingkungan bebas oksigen.

Prinsip Kerja Energi Hidrogen

Energi hidrogen dihasilkan ketika air dipecah menjadi bagian-bagian komponennya oksigen dan hidrogen. Prosesnya dilakukan melalui elektrolisis, yang menggunakan listrik untuk membagi dua elemen. Energi hidrogen adalah pilihan berkelanjutan yang semakin populer di seluruh dunia. Ini digunakan untuk memberi daya pada mobil, bus, dan jenis kendaraan lainnya.

Manfaat energi hidrogen

  • Energi hidrogen bersifat terbarukan, artinya dapat digunakan berulang kali.
  • Energi hidrogen tidak menghasilkan emisi berbahaya.
  • Pembangkit hidrogen tidak menimbulkan polusi dan beroperasi dengan tenang, menjadikannya pilihan ideal di daerah perkotaan.
  • Sel bahan bakar hidrogen dapat mengubah hingga 60% energi kimia menjadi energi listrik.
Dapat disimpulkan, energi terbarukan adalah pilihan yang sangat penting dalam upaya mengatasi masalah energi yang berkelanjutan. Dalam artikel ini, kami telah membahas jenis-jenis energi terbarukan yang tersedia dan digunakan secara luas, termasuk energi surya, energi angin, energi air, energi geotermal, dan energi biomassa. Kami juga telah menjelaskan prinsip kerja masing-masing jenis energi, manfaat serta prospek pengembangan di masa depan yang bisa elu pelajari.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • BorderTekno
    BorderTekno 21/01/23, 23.09

    Materi yang bermanfaat.
    Terima kasih banyak

Add Comment
comment url