TRIAC: Pengertian, Diagram, Simbol, Struktur, dan Operasinya

Pengertian TRIAC

TRIAC merupakan salah satu jenis komponen elektronika yang digunakan untuk mengendalikan arus listrik AC. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang diagram, simbol, struktur, dan operasinya dari TRIAC dengan detail dan jelas.

TRIAC adalah singkatan dari Triode for Alternating Current. TRIAC adalah perangkat semikonduktor dengan tiga terminal yang mengontrol aliran arus, sehingga dinamai Triac. Tidak seperti SCR, TRIAC adalah dua arah sedangkan SCR adalah dua arah. Ini sangat ideal untuk operasi yang menggunakan daya AC untuk tujuan peralihan karena dapat mengontrol aliran arus untuk kedua bagian dalam siklus arus bolak-balik. Ini dijelaskan dengan jelas dalam diagram di bawah ini.

Diagram TRIAC

Simbol TRIAC

Diagram sirkuit untuk TRIAC ditunjukkan di bawah ini. Itu menyerupai dua thyristor yang ditempatkan saling membelakangi.

Simbol TRIAC


Struktur TRIAC

Struktur TRIAC dianggap sebagai DIAC yang memiliki kontak gerbang tambahan untuk memastikan kontrol perangkat. Mirip dengan perangkat daya lainnya, TRIAC dibuat dari silikon. Akibatnya, proses pembuatan silikon mengarah pada produksi perangkat yang lebih murah. Seperti ditunjukkan di bawah ini, TRIAC memiliki enam bidang yaitu; empat wilayah tipe-N dan dua wilayah tipe-P.

Struktur TRIAC

Operasi TRIAC

Pengoperasian TRIAC didasarkan pada thyristor. Ini memfasilitasi fungsi switching dalam komponen dan sistem kelistrikan AC. Mereka banyak digunakan dalam peredup cahaya karena memungkinkan kedua bagian dari siklus AC untuk digunakan. Akibatnya, ini membuat mereka lebih efisien dalam penggunaan daya. Sebisa mungkin menggunakan thyristor untuk berfungsi sebagai TRIAC, tidak hemat biaya untuk operasi yang membutuhkan daya rendah. Dimungkinkan untuk melihat TRIAC dalam bentuk dua thyristor.

prinsip kerja



TRIAC biasanya digunakan dalam aplikasi yang tidak memerlukan daya sangat tinggi karena TRIAC menunjukkan peralihan non-simetris dalam pengoperasiannya. Ini tidak menguntungkan untuk aplikasi yang menggunakan daya tinggi karena menyebabkan interferensi elektromagnetik. Hasilnya, TRIAC digunakan dalam kontrol motor, peredup lampu rumah lampu, dan kipas listrik kecil untuk mengontrol kecepatan.

Setelah mempelajari tentang diagram, simbol, struktur, dan operasi dari TRIAC, kita telah mengetahui bagaimana komponen ini dapat digunakan untuk mengendalikan arus listrik AC. Komponen ini sangat penting dalam berbagai aplikasi elektronika, seperti pengendali lampu, pengendali suhu, dan sistem pengendali daya. 

Dengan mengetahui cara kerja dan cara mengintegrasikan TRIAC ke dalam sistem elektronika, kita dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya dalam proyek-proyek yang menggunakan arus listrik AC.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url