Komponen-Komponen PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu)




Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) memiliki beberapa komponen utama dan komponen pendukung yang perlu untuk kita ketahui, berikut dibawah ini kelasteknisi rangkum komponen-komponen PLTB.


1. Turbin Angin

Turbin angin adalah alat yang dapat memanfaatkan energi kinetik dari angin dan kemudian mengubah energi kinetik menjadi energi mekanik. Jenis turbin angin terbagi menjadi dua yaitu:

a. Turbin angin horizontal

Turbin angin jenis ini memiliki ciri-ciri yaitu poros dan generator listrik berada pada puncak menara. Keunggulan turbin jenis ini adalah karena turbin diletakkan pada ketinggian lebih dari 15 meter, maka paparan angin akan lebih besar.


b. Turbin angin vertikal

Turbin angin jenis ini memiliki ciri-ciri poros dan generator disusun berdiri atau tegak lurus. Keunggulan turbin jenis ini adalah turbin dapat menerima angin yang arah hembusannya bervariasi.


2. Pitch Control

Komponen ini adalah komponen motor yang berfungsi untuk mengatur sudut derajat dari bilah-bilah turbin. Sehingga memungkinkan turbin untuk mendapatkan kualitas dan kekuatan angin yang paling baik.


3. Nacelle

Nacelle adalah komponen pelindung atau rumah bagi seluruh komponen yang ada didalam turbin dan generator PLTB. Di dalam nacelle terdapat beberapa komponen yaitu;

  • Gearbox.
  • Generator.
  • Low and High Speed Shaft, dan lain sebagainya.


4. Shaft

Shaft atau poros merupakan komponen mekanik yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga mekanik dari satu tempat ke tempat yang lain. Di dalam PLTB poros terbagi menjadi dua yaitu poros utama dan poros sekunder. Poros utama digunakan untuk menyalurkan energi mekanik dari turbin menuju gearbox atau transmisi. Poros kedua digunakan untuk menyalurkan energi mekanik dari gearbox atau transmisi menuju generator.


5. Gearbox

Gearbox atau transmisi merupakan komponen mekanik yang berfungsi untuk mengubah kecepatan putaran baik dari tinggi menuju putaran lambat maupun sebaliknya dengan satuan rasio sebagai contoh 1:50. Pada PLTB jenis transmisi yang diperlukan adalah mengubah kecepatan rendah menuju kecepatan tinggi yaitu dengan rasio 90:1. Putaran pada turbin rata-rata hanya 20 rpm sedangkan generator membutuhkan minimal 1500 rpm untuk mencapai tegangan nominalnya.


6. Brakes

Komponen Brakes atau rem berfungsi untuk memelankan atau menghentikan laju putaran turbin jika diperlukan. Jenis rem yang digunakan adalah cakram. Keuntungan rem cakram adalah panas akibat gesekan kampas mudah terbuang karena piringan cakram secara langsung terekspos dengan udara lingkungan. Berbeda dengan rem tromol yang tertutup oleh pelindung besi.


7. Generator

Generator adalah komponen PLTB yang mengubah energi mekanik yang dihasilkan oleh turbin menjadi energi listrik. Generator yang digunakan adalah generator arus bolakbalik jenis sinkron yang tegangannya disesuaikan dengan spesifikasi tegangan setiap negara.


8. Yaw

Yaw Gear merupakan komponen yang dapat mengubah arah dari turbin PLTB sesuai dengan arah angin yang tersedia. Yaw Gear berfungsi untuk memaksimalkan potensi udara yang bisa didapat oleh PLTB.


9. Akumulator

Akumulator merupakan peralatan penyimpan energi listrik. Selain untuk menyimpan energi listrik, akumulator juga berfungsi sebagai penstabil tegangan. Pada pembangkit listrik tenaga bayu, akumulator berfungsi untuk menyimpan energi listrik dikarenakan angin yang digunakan untuk membangkitkan energi listrik tidak selalu tersedia selama 24 jam. Maka dari itu diperlukan akumulator untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan selama pembangkit bekerja.


Baca juga: 10 Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Air


Kesimpulan


PLTB merupakan sumber energi yang sangat penting dalam mengurangi ketergantungan manusia pada sumber energi fosil yang terbatas dan merusak lingkungan. Untuk memastikan kinerja dan efisiensi PLTB yang optimal, pemahaman tentang komponen-komponen PLTB menjadi sangat penting. 


Setiap komponen PLTB harus dirancang, diproduksi, dan diuji dengan baik untuk memastikan kinerja yang maksimal dan memastikan keamanan dalam penggunaannya. Dengan pengembangan teknologi yang terus berkembang, PLTB menjadi pilihan yang semakin menarik untuk diimplementasikan di berbagai daerah di seluruh dunia.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url